Senin, 22 Oktober 2007

Tugas: Resensi Buku

Judul Buku: Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan
Pengarang: Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
Penerbit: Bumi Aksara
Diterbitkan: Jakarta
Cetakan: ke-6
Jumlah Halaman: 310 halaman
Tahun Terbit: 2006
Isi Buku:
Pada saat ini kurikulum meliputi segala aspek kehidupan dan lapangan hidup manusia, dalam masyarakat modern ini yang dapat dimasukkan kedalam tanggung jawab sekolah yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan pribadi murid serta memberi sumbangan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka kurikulum sekolah diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan harus sejalan dengan tuntutan pembangunan yang sedang dilaksakan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia. pada akhirnya dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh sekolah akan dilakukan evaluasi.
Untuk mengukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan mengadakan evaluasi. evaluasi merupakan kegiatan pengukuran (upaya untuk memperoleh informasi / data secara kuantitatif), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam uapaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. sedangkan evaluasi atau penilaian (upaya untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan dan efisiensi suatu program) dan merupakan salah satu komponen penting dari KBM (kegiatan belajar mengajar). evaluasi adalah kegiatan / proses untuk menilai sesuatu. evaluasi juga mengandung banyak makna. oleh sebab itu, evaluasi bukan hanya sekedar alat untuk menentukan angka bagi siswa tetapi juga barometer untuk mengukur keberhasilan bagi guru itu sendiri dalam mengajar.
Kegunaan evaluasi pembelajaran bagi guru:
a) Sebagai pertanggungjawaban kinerja guru secara profesional kepada stakeholder
b) Pengendalian program yang sedang berjalan
c) Penyempurnaan siklus berikutnya

Sedangkan Kegunaan evaluasi pembelajaran bagi siswa:
a) Sebagai pertanggungjawaban kinerja siswa (hasil belajar) secara profesional kepada diri sendiri, orangtua dan lingkungan.
b) Pengendalian program belajar siswa (pengendalian diri)
c) Penyempurnaan siklus belajar berikutnya (mencapai target belajar)

Gaya buku tersebut: menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami oleh pembaca, sifat bahasa yang dinamis dan terus berkembang.
Bentuk Fisik Buku tersebut: dibuat dengan kertas yang bagus, tulisannya rapi dan mudah dibaca, cover buku tersebut memiliki warna dasar hijau dan pada tulisan judul buku berwarna merah.
Pendapat mengenai buku tersebut: tulisannya rapi dan mudah dipahami, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terbuat dari kertas yang bagus, banyak diminati oleh mahasiswa dan dosen, pada buku tersebut terdapat daftar riwayat hidup penulis.

1 komentar:

AKHWANI POENYA mengatakan...

Isi resensi terlalu sedikit, tolong tambah lagi agar nilainya juga bertambah. Agar resensinya lebih baik, bacalah buku teknik penulisan resensi.